Obsesi Mongolia akan kacang pinus

pine nut Hak atas foto Samuel Bergstorm

Di tengah gunung, Enkhbaatar menghilang.

"Enkhbaatar, di mana Anda?" Kami berputar, mencoba mencari topinya yang putih melalui cabang-cabang pohon yang kusut.

Ini bukan tempat yang bagus untuk kehilangan seorang pemandu. Kami hanya beberapa kilometer di bawah perbatasan Siberia, di hutan pinus sub-artik padat yang dikenal sebagai taiga. Tempat ini sangat terpencil, bahkan menurut standar Mongolia.

Bluk.

Sesuatu jatuh tanah di dekat kakiku dan menggelinding ke lereng. Aku mendongak dan menemukan Enkhbaatar hampir 10 meter di udara, berpegangan pada puncak pohon pinus. Dia menarik sebuah benda dari cabang-cabang yang bergoyang dan melemparkannya ke arah kami.

"Ambil!"

Aku meluncur menuruni bukit, tapi anak laki-laki Enkhbaatar yang berusia enam tahun itu sampai di sana lebih dulu. Dia menyambar benda yang tampak seperti buah itu dan mulai mengunggisnya. Setelah meludahkan kulit buah yang berwarna ungu, dia menunjukkan hadiahnya: deretan kacang pinus kuning.

Kacang pinus adalah padanan lokal popcorn atau keripik kentang. Orang Mongolia memakannya sebagai camilan, sampai berkantong-kantong, karena rasanya enak sekali.

Tradisi Mongolia berumur 6.000 tahun yang hampir hilang Mengapa makam Jenghis Khan tak dapat ditemukan? Tempat asal muasal tentara paling perkasa di muka Bumi

Enkhbaatar melemparkan sebuah kantong plastik agar kami bisa mengangkut hasil panennya. Saya mengenal buah pinus sebagai makanan tupai; buah-buahan ini gemuk dan matang, dengan kulit bersisik seperti nanas. Getah yang lengket melekatkan tanah ke tangan kami saat kami mencari lebih banyak.

Bagi saya ini adalah hal yang baru, tapi bagi Enkhbaatar ini kehidupan sehari-hari. Dia adalah seorang Tsaatan, etnis minoritas yang menggembalakan rusa di pinggiran utara Mongolia. Mereka tinggal di tenda bersama hewan ternak mereka dan pada hidup secara mandiri.

Berburu buah pinus di taiga adalah berbelanja makanan ringan di supermarket versi orang Tsaatan.

Terperangkap antara tundra dan padang pasir, pilihan untuk pertanian di Mongolia utara terbatas; iklim yang parah membuat sebagian besar tanah tidak subur dan membatasi penggembalaan. Jadi keluarga Tsaatan bergerak musiman dengan ternak mereka untuk menemukan padang rumput.

Hak atas foto GREG BAKER Image caption Kacang pinus menjadi pilihan makanan orang Tsaatan, etnis minoritas yang menggiring rusa kutub utara Mongolia.

Mereka makan daging, susu, dan keju yang didapatkan dari rusa. Akan tetapi makanan mereka, dengan kelimpahan protein dan lemaknya, kekurangan vitamin dan mineral yang biasanya didapatkan dari buah dan sayuran.

Gaya hidup nomaden ini – dan keterbatasan kulinernya – khas di seluruh Mongolia dan umumnya tidak berubah sejak zaman Genghis Khan.

Berburu buah pinus di taiga adalah berbelanja makanan ringan di supermarket versi orang Tsaatan.

Kacang pinus membantu menyeimbangkan makanan berat daging. Makanan tersebut kaya akan zat besi dan vitamin A - dua zat gizi yang umumnya kurang didapatkan anak-anak di seluruh negeri, menurut data Bank Dunia - serta kalium, magnesium, dan seng (zinc).

Bagi Tsaatan, ekosistem taiga adalah keuntungan hidup di sepanjang perbatasan utara negara yang terisolasi; kacang pinus tidak bisa ditemukan di padang rumput Mongolia selatan. Keluarga Enkhbaatar mengumpulkan kacang pinus setiap musim gugur untuk dipanggang di atas api.

Kacang pinus menjadi alternatif yang menyegarkan dari daging dan susu; setelah beberapa hari hanya makan pada daging kambing asin dan rusa kutub, kacang-kacangan itu terasa sangat bersih dan segar bagiku.

Hak atas foto Samuel Bergstrom Image caption Kacang pinus membantu menyeimbangkan pola makan orang Tsaatan

Beberapa bulan kemudian di Ulaanbaatar, ibu kota Mongolia, musim dingin membuatku merindukan rasa yang terngiang-ngiang itu. Anehnya, aku tidak perlu pergi jauh untuk menemukannya. Meskipun tersedia buah dan sayuran impor – belum lagi rantai makanan cepat saji dan kedai kopi – penduduk kota juga keranjingan kacang pinus.

"Mereka kecanduan," kata teman saya Byambaa saat kami berjalan di jalan yang membeku.

Dia ingin mendapatkan beberapa kilo, tapi tidak ada pohon yang bisa didaki di kota kaca dan semen ini. Kami membutuhkan penjual.

Sementara beberapa restoran kelas atas menawarkan kacang pinus bergaya Barat – ditaburkan sedikit-sedikit di atas pasta – pedagang kaki lima menjualnya di dalam kantong.

Kacang yang 'membangun' satu perusahaan raksasa di dunia Tempura, kudapan khas Jepang yang ternyata bukan asli dari sana Sambal yang terbuat dari semut terbang, bagaimana rasanya?

Sebagai anak di hutan di Provinsi Khentii, yang terletak di sebelah timur laut Ulaanbaatar di sepanjang perbatasan Siberia, Byambaa membantu ayahnya membersihkan, memasak dan menjual kacang pinus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Saat ini bisnis penjualan kacang-kacangan membutuhkan izin dan dokumen, dan sebagian besar panen diekspor ke Cina. Orang Mongol bisa mengumpulkan hingga 25 kg setiap tahun untuk mereka konsumsi sendiri, tapi kebanyakan mengandalkan pemasok seperti Samjmiatav Azjargal.

Kami menemukan Azjargal berdiri di persimpangan sibuk di dekat salah satu bangunan terpenting di Ulaanbaatar, State Department Store. Itu tempat bagus untuk lalu lintas pejalan kaki, tapi kondisinya sangat buruk.

Hak atas foto Anu Haden Image caption Ekosistem taiga yang diselimuti hutan pinus menjadi keuntungan tersendiri bagi orang Mongolia yang terisolasi di perbatasan utara

Di musim dingin, Ulaanbaatar adalah tempat terdingin dan salah satu ibu kota paling tercemar di dunia, dan Azjargal berdiri dengan pakaian hangat dengan selendang hijau di atas masker anti polusinya. Dia meraih secangkir aarts, susu asam tradisional, dari termos saat kami mendiskusikan barang dagangannya.

Dia menjual tiga jenis kacang pinus: mentah, dimasak dan dikupas. Seperti Enkhbaatar, dia memanggangnya dalam panci besar di atas api - tanpa minyak, garam atau rempah-rempah.

Kacang pinus dimakan sebagai camilan, sampai berkantong-kantong, karena rasanya enak sekali.

Kacang kering menghasilkan kualitas cokelat mengkilap, seperti biji kopi. Mereka dipajang di tumpukan meja sementara dan diukur dalam gelas gelas. Transaksi terjadi sangat cepat-kacang masuk ke kantong plastik, catatan tugrik berwarna-warni berubah tangan - saat orang yang lewat melesat menuju kehangatan.

Suami dan saudara Azjargal menghabiskan musim gugur dengan mengunjungi provinsi utara Khentii, Selenge, Khovsgol dan Zarkhan untuk memilih kerucut pinus. Terkadang mereka membawa seluruh keluarga, mengubah ekspedisi menjadi perjalanan berkemah.

Dia mengeluarkan telepon untuk menunjukkan foto dari panen tahun ini; Gambar-gambar hijau dan diterangi sinar matahari menarikku keluar dari semen dingin Ulaanbaatar dan kembali ke ingatanku tentang taiga.

Hak atas foto Samuel Bergstrom Image caption Orang Mongolia bisa mengumpulkan 25 kg kacang pinus tiap tahunnya, namun kebanyakan harus bergantung pada penyuplai

Menurut Azjargal, pemetikan kacang pinus seperti yang dilakukan oleh Enkhbaatar semestinya tidak perlu dilakukan. Kacang pinus baru saja datang musim ketika aku mengunjungi taiga pada bulan Agustus; Pada pertengahan Oktober, kerucut sudah cukup matang sehingga bisa dipanen dengan menggoyangkan pohon.

Tapi ada lebih dari sekadar tupai lapar yang harus dihadapi. Kacang pinus adalah bisnis besar akhir-akhir ini, dan banyak orang mulai lebih awal untuk ikut dalam persaingan. Azjargal mengatakan bahwa dia juga mulai pada bulan Agustus, membiarkan kacang matang di kerucut mereka selama beberapa minggu setelah dipetik. Disimpan di tempat yang kering maka kacang-kacang itu akan bertahan sepanjang tahun.

Azjargal mengantongi pesanan kami, meminta maaf atas harga yang ia tawarkan. Ini musim panen yang buruk, katanya, dan kacang panggang mencapai 13.000 tugrik (kira-kira Rp70.000) per kilogram dari tahun lalu 8.000 (Rp43.000).

Jika dikuliti, harganya tiga kali lebih mahal, sehingga kebanyakan orang lebih suka membuka kacangnya sendiri dan meludahkan cangkangnya, seperti cara orang Amerika makan kacang di sebuah pertandingan bola.

Menurut Azjargal, panen yang baik datang dalam siklus tiga tahun, dan dia memperkirakan harga akan tetap tinggi sampai musim dingin berikutnya. Saya tidak mengeluh; satu kilogram kacang pinus yang dikupas berharga $60 (Rp857.000) di Amerika Serikat, negara di mana saya berasal.

Hak atas foto Samuel Bergstrom Image caption Eric Craig: Jika diberi pilihan antara sekantong keripik atau kacang pinus, sudah pasti orang Mongolia tahu siapa pemenangnya.

Sambil menyerahkan tas, Azjargal menyarankan agar aku memasukkan kacang ke dalam vodka. Minuman beralkohol, katanya, bagus untuk kesehatan wanita. Sebagai gantinya, aku dan Byambaa memutuskan untuk menghangatkan kopi.

Kami membuka sekantong kacang pinus, dan kulit kacang menggunung di antara kami di meja kafe. Kacang-kacangan yang dimasak lebih ringan daripada yang saya makan mentah dengan Enkhbaatar. Mereka memiliki tekstur lembut dan terasa ringan dari kacang almond. Dan Byambaa benar – mereka bikin ketagihan.

Di luar jendela, Azjargal dengan gesit terus mengikuti permintaan. Sekumpulan anak-anak sekolah, wanita yang mengenakan mantel bulu mahal, mekanik dengan celana kotor – semua orang berhenti untuk camilan dalam perjalanan pulang.

Dihadapkan dengan pilihan antara sekantong keripik di toko yang hangat atau kacang pinus dingin dari pedagang jalanan yang hampir beku, orang Mongol tahu tidak ada kontes dalam hal itu.

Anda bisa membaca versi asli dari tulisan ini di Mongolia's obsession with pine nuts di BBC Travel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.