Istana-istana menakjubkan di Dataran Rendah Silesia, Polandia

Istana-istana menakjubkan di Dataran Rendah Silesia, Polandia
Kastil Polandia Hak atas foto Pavlo Fedykovych Image caption Kastil Polandia

Lanskap kawasan ini dibumbui oleh kastil-kastil abad pertengahan yang kokoh, palazzo atau istana kecil gaya Neo-Renaisans yang mewah, istana-istana Barok dan puri Historisis.

'Lembah Loire' Polandia

Perjalanan kereta selama 90 menit dari Kłodzko ke Wałbrzych melewati Dataran Rendah Silesia memiliki lansekap yang berganti-ganti, antara padang rumput dan puncak bukit yang berhutan lebat, lalu melewati juga desa yang tenang, dan hampir semuanya memiliki istana yang menakjubkan.

Dinamai 'Tempat 100 Istana', Dataran Rendah Silesia menyimpan sekitar seperempat istana dan kastil Polandia, menurut Pusat Kebijakan Sosial Dataran Rendah Silesia, dan kadang tempat ini disamakan dengan Lembah Loire Prancis, yang terkenal dengan châteaux-nya. (Credit: Pavlo Fedykovych)

Hak atas foto Pavlo FedykovychBanyak kastil

Daerah itu dipenuhi dengan berbagai kastil kokoh abad pertengahan, palazzo ekstravagan gaya Neo-Renaisans, istana-istana Barok, dan puri Historisme.

Mulai dari bekas rumah yang sederhana sampai istana berstruktur raksasa, seperti istana Kamieniec Ząbkowicki yang mewah (dalam foto) dibangun di pertengahan abad 19 untuk Putri Marianne Orańska, anak perempuan dari raja Belanda, William I.

Hak atas foto Pavlo FedykovychSejarah kelam

Terletak di sepanjang perbatasan Republik Cek dengan Polandia bagian barat daya Polandia, Dataran Rendah Silesia memiliki sejarah yang kaya dan panjang yang meninggalkan bekas pada lanskap tersebut.

Kastil-kastil tertua di sana berasal dari abad pertengahan saat daerah itu dibagi dalam kawasan Polandia berbeda.

Struktur seperti kastil Ząbkowice Śląskie (dalam foto) memang ditujukan untuk melindungi lahan pertanian dari penyerang.

Didirikan pada abad 14, kastil itu menjaga kawasan yang banyak diincar karena terletak di persimpangan beberapa jalur utama perdagangan Eropa.

Hak atas foto Pavlo FedykovychPerubahan besar

Pada 1742, Dataran Rendah Silesia jatuh dalam kekuasaan Prusia.

Pada masa ini, banyak anggota keluarga kerajaan Prusia pindah ke Dataran Rendah Silesia, dan mereka membangun ulang kastil masa lalu dan mengubahnya menjadi istana luar biasa dan puri-puri yang mewah.

Awalnya, Kastil Oleśnica dibangun sebagai benteng pada pertengahan 1500an, dan kemudian menjadi hunian musim panas keluarga Hohenzollern yang berkuasa asal Prusia.

Mereka mengubah benteng itu menjadi istana gaya Renaisans.

Hak atas foto Pavlo FedykovychRumor akan harta karun yang hilang

Salah satu istana paling misterius di wilayah itu adalah Książ (dalam foto), kastil Eklektik yang besar dan dikelilingi oleh hutan yang lebat dari Pegunungan Wałbrzyskie.

Dataran Rendah Silesia menjadi bagian dari Jerman pada Perang Dunia II, dan beberapa sejarawan berspekulasi bahwa Adolf Hitler asalnya berniat menjadikan Książ sebagai markas resmi Nazi, dan Associated Press melaporkan rumor bahwa kereta harta karun Nazi bisa saja dikubur di bawahnya.

Isu akan kereta tersebut semakin diperkuat dengan adanya sistem galian terowongan Nazi yang rumit yang ada di bawah kastil.

Hak atas foto Pavlo FedykovychPengingat akan penjajahan

Setelah perang dan pengaturan ulang Jerman secara politis, Dataran Rendah Silesia mengalami perubahan demografis dan budaya yang mencolok, saat wilayah itu menjadi bagian dari Republik Polandia yang komunis dan didukung oleh Soviet dan warga Jerman dipaksa untuk pindah agar bisa memberi ruang pada orang Polandia.

Saat inilah istana-istana tersebut - yang oleh pemukim baru wilayah itu dianggap sebagai simbol dari bekas penjajah - mulai ditinggalkan dan hancur.

Sebagian digunakan untuk fasilitas penyimpanan, sementara istana-istana lainnya dijarah bahan bangunannya.

Hak atas foto AlamySimbol rekonsiliasi

Kegagalan komunisme di Polandia pada 1989 memunculkan minat baru untuk menyelamatkan dan merestorasi istana-istana tersebut.

Seiring dengan semakin berkembangnya industri pariwisata pada akhir abad 20, istana-istana Dataran Rendah Silesia pun hidup kembali.

Sebagian, seperti Istana Kamieniec (foto) dari abad 18, dibeli oleh investor swasta dan berubah menjadi hotel serta restoran mewah.

Lainnya direnovasi oleh negara dan kini menjadi museum interaktif serta pusat budaya. Proses untuk menghidupkan istana-istana ini menjadi simbol rekonsiliasi nasional akan masa lalunya yang penuh gejolak.

Versi asli tulisan ini bisa Anda baca di The magnificent palaces of Poland's Lower Silesia di laman BBC Travel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.