Dekati Masyarakat, Anggota Polisi Ini Gagas SMS Mitra

Purwakarta – Perkembangan diera digital telah banyak memunculkan media informasi. Sayangnya, berbagai varian media tersebut hanya memposisikan masyarakat menjadi objek bukan sebagai subjek.

Masyarakat memang menjadi bagian dalam proses mengalirnya informasi, namun sebatas sebagai konsumen atau pengguna. Informasi yang dihasilkan oleh berbagai media baik media cetak, tv dan online hanya mengalir searah menuju masyarakat. Ruang untuk menyalurkan informasi dari dan oleh masyarakat masih sangat minim.

Untuk menguatkan peran masyarakat dalam pertukaran informasi, seorang anggota Polres Purwakarta, Polda Jabar yang saat ini bertugas di Polsek Sukatani sebagai Bhabinkamtibmas Desa Pasir Munjul yaitu Bripka Diki Nurul Rochman berinovasi dengan menuangkan gagasan SMS MITRA yang bertujuan untuk memudahkan penyampaian informasi melalui pesan singkat atau SMS.

Bripka Diki mengatakan, jika penyaluran informasi melalui Website hanya bisa di akses kalangan terbatas, tidak demikian dengan SMS yang sudah melekat dalam kehidupan masyarakat dan saat ini bisa dipastikan setiap rumah warga minimal memiliki satu telepon seluler.

Rencananya dengan SMS MITRA Bhabinkamtibmas bisa memberikan informasi Kepolisian atau pesan Kamtibmas dengan menggunakan SMS seluler kepada seluruh warga masyarakat melalui pesan serentak atau broadcest secara cepat.

“Selain itu masyarakat juga bisa mengirimkan informasi kepada Kepolisian dalan hal ini Bhabinkamtibmas mengenai keluhan serta informasi lain yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat,” kata Bripka Diki.

Bripka Diki menambahkan, sebelum SMS MITRA ini digunakan, Ia terlebih dahulu akan melakukan pendataan nomor telepon seluler warga masyarakat disertai dengan identitas yang lengkap.

Untuk memudahkan perolehan data tersebut Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan para Ketua RT untuk melakukan pendataan nomor telepon seluler berikut identitasnya.

“Penggunaan SMS MITRA ini cukup sederhana, intinya untuk memudahkan dalam hal pertukaran informasi dengan masyarakat,” tambah Bripka Diki.

Ia juga menjelaskan, pertukaran informasi melalui SMS MITRA ini merupakan salah satu sarana atau sebagai jembatan untuk memudahkan kinerja Bhabinkamtibmas agar lebih efektif dan efisien.

“Secanggih apapun aplikasinya apabila tidak ada kesadaran dan keterbukaan dalam menyampaikan informasi oleh masyarakat, dapat dipastikan tidak akan terjadi interaksi antara Bhabinkamtibmas dengan warganya,” pungkasnya.

REKOMENDASI :

Polsek Kiarapedes Polres Purwakarta Galakkan Progr...

Dibaca 5

Polres Purwakarta Gotong Royong Bangun Pos Kamling...

Dibaca 11

Inilah Realisasi Bhayangkara Shubuh Yang Digagas K...

Dibaca 14

Bhabinkamtibmas Polsek Campaka Sambang Karang Taru...

Dibaca 7

Bhabinkamtibmas Polsek Wanayasa Polres Purwakarta ...

Dibaca 6

Bhabinkamtibmas Cijaya Monitoring Pembangunan Jala...

Dibaca 5

Razia PETI Baru Selesai, Warganet Tanyakan Soal In...

Dibaca 25

Polres Kuningan Amankan Tim Supervior Kemenkes

Dibaca 13

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.