Rusia akan usir diplomat Amerika Serikat sebagai pembalasan

Rusia akan usir diplomat Amerika Serikat sebagai pembalasan
Rusia, Amerika Serikat, Moskow Hak atas foto AFP Image caption AS mengusir 60 diplomat Rusia dan menutup Konjen Rusia di Seattle yang dibalas dengan pengusiran 60 diplomat AS serta dan penutupan Konjen AS di St Petersburg.

Rusia menyatakan akan mengusir diplomat Amerika Serikat dengan jumlah yang sama dalam pengusiran diplomat Rusia oleh pemerintah Washington.

Menteri Luar Negeri, Sergei Lavrov, menyatakan Duta Besar AS di Moskow sudah dipanggil, Kamis (29/03), untuk memberitahu aksi pembalasan tesebut.

AS lebih dulu mengusir 60 diplomat Rusia sebagai tanggapan bersama dengan beberapa negara menyusul upaya pembunuhan mantan mata-mata Rusia di Inggris yang diduga kuat melibatkan negara Rusia.

Selain itu, AS juga menutup konsulat jenderal Rusia di Seattle.

Australia bergabung dalam gelombang pengusiran para diplomat Rusia

Balas Inggris, Rusia usir 23 diplomat Inggris dari Moskow Perseteruan Inggris dan Rusia: Apa yang terjadi jika suatu negara mengusir diplomat asing?

Pemerintah Inggris yang pertama kali mengusir 23 diplomat Rusia sebagai pembalasan atas serangan gas saraf terhadap Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, di Salisbury, Inggris barat daya, pada 4 Maret lalu.

Keduanya dilaporkan masih berada dalam kondisi kritis.

Hak atas foto EPA/ YULIA SKRIPAL/FACEBOOK Image caption Penyelidikan menemukan Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, diserang dengan gas saraf.

Setelah Inggris, negara-negara Uni Eopa dan Amerika Serikat juga melakukan pengusiran diplomat Rusia dan belakangan Australia mengikuti kebijakan serupa.

Dalam aksi balasan atas Amerika Serikat, Menlu Lavrov menyatakan akan menutup pula konsulat jenderal AS di St Petersburg.

"Sedangkan untuk negara-negara lain, semuanya langkah yang simetris terkait jumlah yang akan meninggalkan Rusia dari misi diplomatiknya, dan begitulah sejauh ini," jelasnya kepada para wartawan di Moskow.

Dia menambahkan Rusia bereaksi atas 'tindakan yang sepenuhnya tidak bisa diterima yang diambil terhadap negara mereka di bawah tekanan yang amat kuat dari Amerika Serikat dan Inggris dengan menggunakan alasan yang disebut kasus Skripal'.

Mengapa begitu banyak diplomat AS bekerja di Rusia? Vladimir Putin usir ratusan staf diplomat AS dari Rusia Amerika Serikat usir 35 diplomat Rusia terkait tuduhan serangan maya

Rusia juga sudah mendesak pertemuan dengan Dewan Eksekutif Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia, OPCW, agar menggelar pertemuan darurat Selasa (03/04) guna 'mendapat kebenaran'.

Sergei Skripal, yang berusia 66 tahun, dan putrinya, Yulia, 33 tahun, ditemukan tidak berdaya di Salisbury, pada 4 Maret lalu, dan penyelidikan menemukan mereka diserang dengan gas saraf.

Rusia sudah membantah terlibat dalam upaya pembunuhan Skripal dan putrinya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.