Pemimpin Korut, Kim Jong-un, nonton pentas K-pop di Pyongyang

Pemimpin Korut, Kim Jong-un, nonton pentas K-pop di Pyongyang
Korea, Kim Jong-un, Korut Hak atas foto AFP Image caption Kim Jong-un (kiri) menyaksikan konser K-pop di Pyongyang, didampingi Menteri Kebudayaan Korsel, Do Jong-hwan (kanan).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan istrinya menyaksikan penampilan para bintang K-pop dari Korea Selatan di Pyongyang, seperti diungkapkan Kementrian Kebudayaan Korea Selatan.

Untuk pertama kali dalam waktu satu dekade terakhir, delegasi musik Korsel berkunjung ke negara tetangga yang secara prinsip masih merupakan musuh karena keduanya tidak menandatangani kesepakatan damai setelah berakhirnya Perang Korea tahun 1953.

Lebih dari 11 grup musik berada di Pyongyang untuk menggelar dua konser.

Cina: Yang berkunjung dengan kereta itu memang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Pertama kali, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu pejabat Korea Selatan Kim Jong-un beri kekuasaan lebih besar kepada adik perempuannya

Kedatangan para bintang musik itu menyusul keikutsertaan tim Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang bulan Februari.

Setelah kehadiran Korut di Pyeongchang, hubungan kedua negara terus membaik yang disusul kedatangan delegasi tingkat tinggi Korea Selatan ke Pyongyang untuk bertemu Kim Jong-un guna membahas pertemuan puncak pemimpin kedua Korea, yang direncanakan akhir April.

Hak atas foto Getty Images Image caption Para pemusik Korea Selatan saat melakukan gladi resik menjelang penampilan di depan Kim Jong-un.

Konser musik K-pop itu berlangsung pada Minggu (01/04) malam waktu setempat di East Pyongyang Grand Theatre, menurut laporan media Korsel, dan yang kedua akan digelar Selasa ((03/04).

Delegasi musik dari Selatan itu terdiri dari para bintang K-pop dan juga jenis musik lainnya.

_____________________________________________________________________

Yang tampil di Pyongyang, antara lain...

Red Velvet- Terdiri dari lima penyanyi perempuan, mereka menjadi penampil utama di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Dibentuk tahun 2014, Red Velvet sebenarnya tergolog pendatang baru namun sudah mendunia.

Hak atas foto Getty Images Image caption Seohyun -anggota Girl's Generation, ikut tampi di Pyongyang.

Seohyun - Mulai debut tahun 2007, Seohyun adalah anggota dari salah satu kelompok K-pop yang terkenal, Girls' Generation. Bulan Februari, bintang berusia 26 tahun ini tampil bersama 137 pemusik dari Samjiyon Orchestra, yang merupakan salah satu bagian dari delegasi budaya Korut yang tampil di Pyeongchang.

Choi Jin-hee- Lagu yang dibawakan penyanyi berusia 61 tahun ini, berjudul Love Maze tahun 1984 lalu, merupakan lagu yang terkenal di semenanjung Korea dan masih sering terdengar di restoran-restoran di Pyongyang. Lagu itu juga disebut merupakan salah satu lagu kegemaran ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il. Penampilannya kali ini merupakan yang keempat di Korea Utara.

Hak atas foto EPA Image caption Choi Jin-hee disambut saat tiba di Bandara Internasional Pyongyang, Sabtu 31 Maret.

Cho Yong-pil - Berusia 68 tahun, dia sering dijuluki sebagai 'legenda K-pop' dan salah satu tokoh penting dalam industri musik Korea Selatan. Dia pertama kali tampil di Pyongyang tahun 2005 dengan konser solo yang disaksikan sekitar 7.000 warga Korea Utara. Cho menjadi penyanyi Korea Utara yang terakhir kali tampil di Korut sebelum konser Minggu (01/04) ini.

Lee Sun-hee- Memulai debut pada tahun 1984, Lee merupakan salah satu penyanyi penting Korea Selatan. Tahun 2003, dia tampil di Korea Utara untuk meresmikan Pusat Olahraga Ryugyong Chung Ju-yung.

______________________________________________________________________

Kim merupakan pemimpin Korea Utara yang pertama kali menyaksikan penampilan musik dari Korea Selatan, seperti dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap.

Adik perempuanya, Kim Yo-jong -yang akhir tahun lalu ditunjuk sebagai anggota politbiro- dilaporkan juga ikut menyaksikan konser Minggu.

Hak atas foto AFP Image caption Kim Jong-un siap untuk bertemu dengan Presiden Donald Trump, namun waktu dan tempatnya belum ditetapkan.

Kim sudah sepakat untuk bertemu dengan Presiden Korsel, Moon Jae-in, di perbatasan militer kedua negara Panmunjom. Pemimpin Korut itu juga mengatakan siap untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Pertemuan puncak Korea di Panmunjom akan menjadi yang ketiga antara kedua negara, setelah tahun 2000 dan 2007 lalu.

Donald Trump terima undangan untuk bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Membandingkan Korea Utara dan Korea Selatan yang pernah seimbang Misteri di balik 'paspor Brasil' yang diduga milik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan ayahnya

Dalam perkembangan lain, Amerika Serikat dan Korea Selatan sudah kembali menggelar latihan militer tahunan bersama, yang biasanya mendapat protes dari pemerintah Pyongyang.

Namun kali skala latihan diperkecil dengan waktu satu bulan lebih singkat dan tidak melibatkan kapal selam nuklir walau masih dengan keikutsertaan sekitar 300.000 personil Korsel dan 24.000 pasukan AS.

Para wartawan melaporkan sejauh ini belum ada reaksi dari Korut atas latihan militer tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.