Pemkab Buton Wacanakan Lelang Pasca APBD-P

La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya percepatan serapan anggaran dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dengan mewacanakan lelang desain perencanaan pasca pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P). Langkah tersebut dilakukan agar memasuki awal tahun 2019, lelang paket proyek fisik dapat secepatnya dikerja.

“Desain perencanaannya kita akan buat di perubahan anggaran tahun ini untuk seluruh proyek yang akan dieksekusi tahun 2019,” jelas Plt Bupati Buton, La Bakry, jumat (27/4). Menurutnya, serapan anggaran di masyarakat selama ini lamban karena disebabkan proses desain perencanaan. Namun jika perencanaan dibuat lebih awal pasca perubahan anggaran, maka kegiatan proyek fisik sudah bisa dikerja pada awal tahun.

“Jadi kalau sudah begitu, realisasi serapan anggaran kita juga bisa lebih cepat. Itu semua kita akan lakukan pada semua item anggaran baik DAK, DAU, maupun DID,” katanya. Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setkab Buton, Sunardin Dani, menjelaskan, untuk lelang proyek fisik yang sudah selesai saat ini baru dua. Dinas Pariwisata merupakan salah satunya, yakni pembangunan sarana di Pantai Topa, Kecamatan Wabula. Selebihnya, masih dalam tahap proses perencanaan. Sebagian dari perencanaan ada yang sudah selesai dan lelang fisik direncanakan pada awal Mei.

“Perencanaan pada intinya sudah selesai. Sekarang tinggal proses desainnya. Beberapa sudah tuntas, tapi ada juga yang masih sementara berlangsung. Kalau sudah selesai semua, tinggal lelang fisik. Kemungkinan kita lakukan di awal Mei ini,” jelas Sunardin Dani ketika ditemui di ruang kerjanya. Untuk lelang fisik rata-rata berlangsung selama 21 hari. Dengan demikian diperkirakan eksen kegiatan fisik di lapangan akan dimulai pada awal Juni 2018. (b/mel)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.