1.000 Warga Mubar tak Punya KTP-el

KENDARIPOS.CO.ID — Tercatat ada sekitar 1.000 orang warga Kabupaten Muna Barat (Mubar) belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Mubar, Alimin, mengungkapkan, dari jumlah tersebut, sebagian besar warga yang tak punya KTP-el berada di wilayah pesisir. Ia mengimbau warga agar segera mengurusnya. Peran pemerintah kecamatan dan desa sangat dibutuhkan untuk menyosialisasikan pada masyarakat.

“Pasalnya, KTP-el ini sangat dibutuhkan dalam mengurus berbagai bantuan, khususnya dari pemerintah pusat, seperti kartu Indonesia pintar dan lainnya,” kata Alimin, akhir pekan lalu. Selain mengharapkan partisipasi masyarakat, pihaknya juga turun langsung ke lapangan untuk melakukan perekaman. “Kita jadwalkan pada Maret nanti sudah turun. Sasaran utama kami lakukan pada siswa SMA. Harapannya pada akhir 2018 nanti, semua warga Mubar sudah punya KTP-el,” targetnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Guali, La Hasali, mengatakan jumlah warganya yang belum memiliki KTP-el diidentifikasi mencapai 200 orang. “Warga selalu saya sarankan agar segera mengurus KTP-el. Saat ini mereka sudah mulai mengurus administrasi kependudukannya,” kata Hasali, minggu (28/1). (b/yaf)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.