Hutan Lindung di Kolut Terbakar, Pemukiman Warga Terancam

Kebakaran Hutan Lindung yang terjadi di Kolaka Utara. Foto : Muh Rusli/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Hutan Lindung (HL) di Desa Totallang Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang dirambah menjadi perkebunan kembali terbakar. Angin kencang menjadi pemicu api cepat meluas melalap lahan hingga mengancam habitat dan pemukiman warga setempat.

Kepala BPBD Kolut, Hardi, Rabu (7/2/2018) mengutarakan kebakaran tersebut berlangsung di kawasan HL di sekitar wilayah Potoa. Kejadiannya telah berlangsung dari sejak Selasa dan nyaris tidak bisa dilumpuhkan karena sulitnya akses. “Kepala bidang kedaruratan sudah kesana dan sukar ditembus karena akses sulit bagi kendaraan masuk lokasi. Situasi saat ini bahaya karena angin kencang dalam beberapa waktu kedepan,” ujarnya.

Kawasan tersebut tahun sebelumnya sudah pernah terbakar yang berlangsung kurang lebih sepekan baru bisa dikendalikan. Alhasil, asap kiriman wilayah tersebut merambah hingga kabupaten tetangga. Meski demikian, aksi perambahan masih terus berlangsung saat ini hingga fungsi hutan di sana nyaris hilang.

Wakapolres Kolut, Kompol Robert Silas Boroh pukul 13.00 wita terjun ke lokasi kebakaran karena khawatir api terus meluas. Ia mengarahkan puluhan personilnya baik dari anggota brimob serta melibatkan aparat TNI. Dua unit damkar dari Dinas Kebakaran serta satu unit water canon institusinya diterjunkan mencegah meluasnya api. “Kondisi api sudah bisa dipadamkan. Tetapi potensi kembali terjadi kebakaran masih ada karena angin kencang. Kami akan selalu siaga,” ucapnya dilokasi kebakaran, sambil menyapu keringat di wajahnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.