Seleksi Anggota Bawaslu Sultra Rampung

TES WAWANCARA : Kemampuan para calon anggota Bawaslu benar-benar diuji. Selama dua hari mulai tanggal 26 s.d 27 Maret, mereka mengikuti tes wawancara menggunakan sistem panel. Tampak komisioner Bawaslu , Munsir Salam saat menghadapi lima anggota Timsel. FOTO: MARWAN ABIDIN/ POS

.CO.ID — Seleksi calon anggota badan pengawas Pemilu (Bawaslu) telah memasuki tahap akhir. Setelah mengikuti tes wawancara selama dua hari, 20 peserta telah dikerucutkan menjadi 10 besar. Sesuai jadwal, tim seleksi (Timsel) telah melakukan pleno penetapan pada tanggal 29 Maret lalu.

“Tahapan seleksi menuju 10 besar telah berakhir. Hasil tes wawancara ini telah dipleno,” kata Musyida Arifin, Ketua Timsel Anggota Bawaslu saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (28/3).

Dalam tes wawancara kata dia, ada beberapa indikator penilaian hasil presentasi penyampaian visi misi peserta. Diantaranya tentang penyelenggaran dan pengawasan Pemilu namun tetap mengacu pada makalah yang dibuat peserta. Setiap calon akan dilihat kemampuannya menguasai materi.

“Materi masih seputar strategi Pemilu, sistim politik/hukum, dan perundang undangan. Integritas, komitmen dan motivasi, serta kemampuan komunikasi, kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi juga menjadi bahan penilaian. Tanggapan masyarakat atas track record pada calon juga didalami,” jelasnya.

Menurutnya, 20 peserta mempunyai performa yang baik. Sebab mereka punya pengalaman yang cukup di bidang penyelenggaraan dan pengawasan. Bahkan, waktu lebih 1 jam menjadi cukup untuk menggali lebih dalam setiap peserta. “Penilaian tes wawancara ini akan digabung dengan nilai tes kesehatan,” ungkapnya.

Sesuai timeline dari Bawaslu RI, tes kesehatan dan wawancara akan diumumkan hari ini. Timsel akan menyampaikan laporan akhir Bawaslu RI mulai tanggal 29 Maret – 2 April 2018. Nantinya, Bawaslu RI akan melakukan fit and proper tes pada tanggal 2-4 April 2018. (b/wan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.